Bupati Suwirta Hadiri Upacara Caru Wraspati Kalpa di Pura Ulun Suwi

  • 29 September 2014
  • Dibaca: 601 Pengunjung
Bupati Suwirta Hadiri Upacara Caru Wraspati Kalpa di Pura Ulun Suwi

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta menghadiri Upacara Caru Wraspati Kalpa, Melaspas, Mendem Pedagingan, Masupati Pralingga dan Karya Pengingkup di Pura Ulun Suwi, Subak Abian Carangsari, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, minggu (28/9). Upacara kali ini serangkaian Karya Mamungkah Caru Wraspati Kalpa, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih dan Medudusan Agung di pura setempat yang puncaknya akan dilaksanakan pada Buda Kliwon Wuku Sinta bertepatan dengan Purnama Kapat dan pujawali di Pura setempat, rabu (8/10) mendatang.

Pura Ulun Suwi, Subak Abian Carangsari, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan diempon anggota subak sebanyak 51 kk. Karya Mamungkah Caru Wraspati Kalpa, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih dan Medudusan Agung ini merupakan upacara yang digelar setelah selama lebih dari 30 tahun tidak dilaksanakan. Dalam upacara ini dipuput tiga sulinggih, diantaranya Ida Pedanda Gede Purwa Gotama dari geriya Wanasari, Karangasem, Ida Pedanda Gede Putra Abian dari geriya Manduang Klungkung dan Rsi Bujangga dari geriya Bangli. Kelian Subak Abian Carangsari, Made Wastika mengatakan, persiapan karya ini dimulai dengan melaksanakan prosesi matur piuning dan nyukat genah pada saniscara krulut (5/7) lalu. Menurutnya, karya serupa terakhir dilaksanakan sekitar 30 tahun silam. "Karya yang digelar saat ini setelah lebih dari 30 tahun tidak dilaksanakan,"terangnya. Sebagai puncaknya, menurut Wastika akan dilaksanakan pada purnama kapat, rabu (8/10) mendatang bertepatan dengan pujawali dipura ini. Adapun prosesi upacara yang akan dilaksanakan seperti upacara Pengebek, Pengenteg, Peselang dan Pedanan.

Sementara itu, dengan digelarnya kembali upacara seperti ini diharapakan dapat mengembalikan kesucian pura beserta lingkungannya. Sementara itu, sebagai upasaksi dalam karya ini, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta yang hadir didampingi Camat Banjarangkan, Komang Gede Wisnuadi melaksanakan persembahyangan bersama pengempon pura. Sebagai wujud bakti, Bupati Suwirta juga menghaturkan punia, seraya beharap semoga karya yang dilaksanakan pengempon Pura Subak Abian Carangsari dapat berjalan lancar dan labda karya. "Dengan didasari kebersamaan, rasa suci dan tulus iklas, niscaya yadnya ini akan berjalan dengan lancar labda karya,”pungkasnya.

  • 29 September 2014
  • Dibaca: 601 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita