Bupati Hadiri Upacara Pamelaspas di Pura Sakti Togoh

  • 09 Maret 2015
  • Dibaca: 530 Pengunjung
Bupati Hadiri Upacara Pamelaspas di Pura Sakti Togoh
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri upacara Melaspas Pasupati Barong Ida Ratu Walen Ida Bhatara Sakti, Pura Sakti Togoh Desa Bungbungan Kecamatan Banjarangkan Kamis malam (5/3) kemarin. Ditengah hujan gerimis yang mengguyur Bupati Suwirta didampingi Camat Banjarangkan Komang Gede Wisnuadi disambut ratusan pengempon dan pemedek yang hadir.
 
Berdasarkan laporan dari klian pura Anak Agung Gede Putra Subawa, Pura Sakti Togoh yang diempon oleh dua Desa Adat yakni Desa Adat Bumbungan dan Desa Adat Jungut ini memiliki sebuah barong yang telah berumur puluhan tahun. Barong ini kemudian ditata ulang (ngodakin) guna mengembalikan keindahan penampilan barong yang dilakukan di puri Ubud, Gianyar. “Setelah selesainya barong ini di perbaiki, maka untuk mengembalikan kesucian dan kesakralan barong tersebut dilaksanakanlah upacara melaspas dan pasupati ini.” ujar Anak Agung Gede Putra Subawa.
 

Kepada Bupati Suwirta, Anak Agung Gede Putra Subawa juga menyampaikan terima kasihnya karena Bupati Suwirta mau hadir sebagai upasaksi upacara sakral itu meskipun cuaca dingin hujan. Upacara sakral yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Aan ini dilaksanakan bertepatan dengan malam Purnama Sasih Kesanga. Bupati Suwirta yang hadir menyaksikan upacara itu ikut melakukan persembahyangan dan diikuti dengan penyerahan punia kepada klian pura Sakti Togoh Anak Agung Gede Putra Subawa.

  • 09 Maret 2015
  • Dibaca: 530 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita